Pages

5 June 2013

Mental Memang BERBICARA



Assalam ... Bro bro bre bre ... Apa kabar semuanya ? Luar Biasa baik kan ? Hmm Saya harap begitu ...

Gini, Shohieb ... Pada tanggal 5 Juni 2013 ... Akan mem post-kan sesuatu ... Saya harap berguna bagi kalian ...
Kali ini postingan saya agak belepotan ... Sengaja si biar yang didapet intisarinya aja atau garis besar dari post ini ..

Ini cerita memang ga sepenuhnya benar ... Karena ini semuanya adalah penalaran saya .... Bukan kenyataan sepenuhnya... Tapi ini berdasarkan apa yang saya liat ...

Well, saat saya SD saya akui saya cupu ...
Saya punya temen SD .... Prestasinya biasa aja .... Kebanyakan main sama temen ... Tapi diajak mikir bisa ...
Saya punya temen SD juga ... Mikirnya hebat ... Ngerjain soal wuihh ... Jago ...
Saya punya temen SD juga .... Rajin ... Deket sama guru ... Karena rajin dia berbicara dalam prestasi ...



Saat SD menjelang masuk SMP .... Kebetulan angkatan saya itu pake passing grade buat masuk SMP

Who KNOWS ?
Temen SD yang pertama .... ada dan banyak yang Masuk SMP Negeri (Dalam Arti yang diinginkan ya)
Temen SD yang ke dua ... Alhamdulillah ada yang masuk juga
Temen SD yang ke tiga ... (Saya gatau kepastiannya) cuman yang ini masuk SMP Swasta ... Yang kualitasnya ehem lebih baik dari SMP Negeri yang INI ...

Saya pun masuk SMP ... Status masih sama... Gaul jarang ... Ngobrol klo emang butuh .... Ehem tipikal ya...
Saya punya temen SMP .... Prestasi biasa ... Banyak main .... Diajak mikir bisa hampir identik kaya tadi ....
Saya punya temen SMP .... Prestasi biasa .... Main sama Belajar seimbang tapi .... Diajak mikir bisa ....
Saya Punya temen SMP .... Prestasi wuihhh.. 10 Besar .... Bahkan 5 besar .... Jangan ditanya soal mikir
Saya Punya temen SMP .... Rajin ... Alhasil 10 besar dia raih ...

Saat SMP Menjelang masuk SMA/K / MA/K .... Ternyata sistem masuknya pake NEM ... ehem dan itu masih Pake sistem paket dan bukan barcode ....

Who KNOWS ?
Temen SMP yang pertama ..... Kebanyakan masuk di tempat SMA yang diinginkan (saya berasumsi klo daptar ke sana berarti emang pengen belajar ke sana ya)
Temen SMP yang kedua ada... Ada yang masuk SMA / K yang diinginkan ...
Temen SMP yang ketiga ... Ehem emang ada yang masuk SMA bagus ... Cuman ada juga yang "maaf" tragis .... Masuk ke swasta yang kualitasnya lebih baik dari SMA Negeri nya (yang diinginkan saya rasa) ... Ada juga yang berusaha masuk ke SMA NEGERI yang asal bisa nampung walau lebih jauh .....
Temen SMP ke 4 empat .... Yaa tipikal pelajar ... Masuk ke tempat yang diinginkan si kebanyakan yang saya tahu ,,,,

Tapi ada yang spesial .... Temen yang dari SMP swasta ... Masuk ke SMKN di Bandung yang bergengsi ....

Saya pun masuk SMA lebih tepatnya SMK ... ehem problem ? Status agak gaul sekarangmah :p
Di sini saya temannya ga cuman se SMK saya aja ya ... Ini kita bicara temen saya aja se angkatan .....
Saya bilang SMA aja ya biar lebih familiar ....

Temen SMA yang pertama ... Yup apa perlu saya copas yang dari SMP sama SD ? Sama ....
Temen SMA yang kedua .... Agak mikir dikit ... Tapi Hedon tetep jalan :D
Temen SMA yang ketiga .... Pinter ... Tapi tipikal rajin ....
Temen SMA yang keempat ... Pinter ... Pinter banget ... Mikir oke logika mantep ...

Terus saya himpun juga temen SMA tapi dari ukuran SMP dan SD (karena temen SMP dan SD ga satu SMA dengan saya ...)

Dan tibalah masa - masa SNMPTN ....  Universitas YANG DIIMPIKAN (Saya asumsi Universitas / Institut / Politeknik dan semacamnya Negeri ya) Ini masih tahap Undangan
Jreng jreeeng

Yang SD - SMP - SMA nya tipikal pertama .... Kebanyakan MASUK Universitas Negeri yang diinginkan ....
Yang SD - SMP - SMA nya tipikal kedua .... Ada yang masuk dan ada yang engga ... Tapi ini disayangkan bukan ?
Yang SD - SMP - SMA nya tipikal ketiga .... Tragis juga ... Ada yang masuk ada yang engga ... Ada itu wajar .. Tapi disayangkan juga klo ga masuk kan ?
Yang SD  - SMP - SMA nya tipikal keempat ... Alias si rajin ini ... Hemm Tragis .... Ada yang ga masuk .... Dan udah ... Memutuskan swasta aja ... Dan ada juga yang memutuskan untuk berkarier ....

Padahal ya ...

Jalur Ujian Tulis masih dibuka ... Malah (jangan mikir soal kuota dulu, tapi modal materi SBMPTN aja ...) peluangnya sama kan ? Sama - sama bisa untuk di masuki .... Cuman ... MENTAL ...

Dan apa yang menarik ? Temen yang tipikal ke 3 ... Yang otaknya bukan Ranking 3 besar lah ...Yang modal mikir itu ... Dia berjuang untuk mendapatkan posisi di Perkuliahan Negeri .... Malah yang temen sd saya pinter rajin ... Prestasi - Oriented dan pokonya udah top markotop udah milih jalan yang lain ....

Saya ga menyalahkan pilihan mereka ... Ini opini saja ... Pendidikan itu bernilai tinggi ... Udah gitu aja ...

Yup dalam artian saya bukan memandang swasta itu ga baik ya ... Ini sudut pandang ... Masuk swasta lantaran ga masuk tempat kuliah yang diimpikan

This is LIFE .... This is CHOICE .... Modal Otak itu bukan apa - apa kalo tidak dibarengi dengan MENTAL yang bagus ....

Mental memang BERBICARA .... BERBICARA BANYAK ....

No comments:

Post a Comment