Pages

25 June 2013

Perspektif Lagu PETERPAN hingga NOAH



Assalam ....
Hallo agan agan, igin igin ... Usailah sudah masa bakti Shohieb ini di bangku persekolahan ... Gimana yak, luapan kesenangan, tetesan air mata kesedihan dan gumpalan - gumpalan memori bercampur jadi lontong sayur... Tapi yang akan dibahas bukan ini sebenarnya ... 

Saya lagi pingin ngebahas sosok yang satu ini, lebih tepatnya bukan sosok yak hehe ... Lebih ke Grup Musik ya .... Inilah Peterpan yang mengalami masa transformasi menjadi Noah... Dari wikipedia, Band yang berasal dari Bandung ini berdiri tahun 2000, berarti pas usia saya masih 5 tahun bo... Masih main - main dengan sepeda family ... Ngeeepooot 

Well, plissss dan plisssssss saya gamau bahas Ariel secara personal ... Mari, jangan ngeliat pandangan negatif dari orang yang ingin mencoba memperbaiki diri... Gak adil rasanya ... Ok ! Lihat yang positif - positifnya aja .... Lihat karya - karyanya bro ... Ok ! Sip ... Dia justru sukses, sampe - sampe Parto aja suka coba - coba ngidentikin dia sama Ariel .. Emang agak mirip sih haha tapi jadi lucu lucuan tersendiri ....

Saat namanya masih Peterpan, Ariel jadi vokalis, Andika pegang keyboard, Indra pegang bass, Uki pegang gitar sama Lukman juga, Reza pegang Drum... Agak sedih rasanya, asli sedih ... Andika sama Indra tuh nada - nada yang dihasilkannya khas ... Peterpan banget ... Tapi sayang mesti 'pisah' ... Kayaknya Ariel dkk juga udah nyadar sama hal ini ... Lantas mereka meninggalkan nama Peterpan ... Entah itu sebagai bentuk penghormatan atau apa ...

Lagu yang saya suka saat masih Peterpan banyak bro ... "Aku Dan Bintang", "Mimpi Yang Sempurna", "Topeng", "Kita Tertawa", "Tertinggalkan Waktu", "Langit Tak Mendengar", "Yang Terdalam" ... Banyak kan ... Lihat aja lirik nya ... Terus ngebawain khas peterpan nya kentel ... Dalam artian .. Lagu - lagu sekarang lebih kena cipratan western yak ... Westernisasi wajar lah soalnya orang - orang juga pinginnya tu yang "baru baginya" atau yang "belum ada" .....

Saya ambil contoh lagu "Topeng" ... Tapi buka dulu topengmu .. Buka dulu topengmu .. Apaan maksudnya coba ? Yang saya pikir saat - saat awal denger lagu ini, malah ngebayangin kamen rider, namanya masih sd udah dnenger lagu berat gini kan.. ... Tapi ternyata kalo lanjut ke bait - bait selanjutnya ... Make sense, inilah perspektif peterpan ... Ga Mainstream bro padahal ni lagu dibuat pas jaman lagi jadul jadulnya kan klo berkaca ke jaman sekarang ... Arti dari lagu - lagu TOPENG nya peterpan termasuk lagu - lagu lainnya juga kelebihannya tu apa coba ? Menurut saya, Lagu - lagu peterpan bisa di interpretasi atau ditafsirkan macem - macem ... Tergantung pendengarnya .... Klo betul, berarti kamu dapat poin saya .. :) Bandingin sama band "kebanyakan" sekarang ,,, Oh iya tentang galau, oh iya patah hati, oh iya lagi jatuh cinta ... Gitu aja ... Bukan berarti ga menghargai bro ... Ini opini dan tiada maksud menyinggung pihak manapun....

Selanjutnya pas Andika sama Indra capcus, Lagu nya juga ga kalah mantep .. Soalnya, walau Andika sama Indra udah pergi ... Tapi saya pikir sentuhan Andika sama Indra masih ada, Lagunya "Menghapus Jejakmu", "Hari Yang Cerah", "Di Balik Awan", "Sally Sendiri", "Kota Mati", "Dilema Besar",  "Walau Habis Terang", "Tak Ada Yang Abadi" ... Malah "Dunia Yang Terlupa" Dikirain pas masih Peterpan sama Andika Indra ... Ternyata di album Setelah mereka capcus .... Ada satu lagu yang dibawainnya oleh nama Ariel aja ... "Dara" ... Itu juga kalo di tafsir banyak maknanya bro.

Saya mau bahas yang "Menghapus Jejakmu". Buat Lagu "Menghapus Jejakmu" Inilah sebenernya istilah Move On itu sebenernya ada .. Meskipun sama lagu yang lebih dulu ada tapi saya pribadi mengenal "Menghapus Jejakmu" sebagai Lagu Move on ...

Menurut situs "thefreedictionary" .... Move on adalah bergerak maju dengan makna secara metaforis .... Ciyee jadi gitu ya move on tu artinya .... Dengan arti yang sesingkat gitu, menjadikan Move On ini memiliki arti yang dapat meluasss gans .....

Istilah Move On saya pertama kenali saat ngeliat status fb teman saya sekitar tahun 2011 an lah saya masih belom ngerti arti Move On sederhana ... Saya cuman pikir move on tu bergerak, udah. Bukan arti secara "mendalam" ehem gitu ....

Lihat aja kutipan liriknya "Lepaskan Segalanya .... Lepaskan Segalanya..." Tafsirannya bisa apa aja tergantung kondisi ... :) Terus yang paling pecah ya pas bait ini 

Engkau bukanlah segalaku ....
Bukan tempat 'tuk hentikan langkahku ...
Usai sudah semua berlalu ...
Biar Hujan Menghapus Jejakmu...

Baris paling pecah pas lirik "Bukan tempat 'tuk hentikan langkahku" Ini lagu move on baru ... Jangan sampai terhambat dan malah berada dalam kecepatan "nol" saat dihadapkan suatu masalah ... Tetap move ! Move ! Keep Moving ! Sampai kita berhasil mencapai titik "Usai Sudah" ....

Silahkan lah klo bisa atau punya waktu nganggur coba buat parafrase satu lagu peterpan / noah yang mana aja dah ... Bebas ... Pingin liat sudut pandang kamu kaya gimana menafsirkan lagunya peterpan :) ...

Setelah berganti nama jadi Noah ... Mereka ngenalin personel baru David pegang keyboard ... Pas mereka luncurin album pertama ... Well klo jujur sih ... Belum gereget ... Emang si bukan peterpan ... Cuman kan Ariel dkk itu sudah jadi semacam brand klo mereka punya ciri khas gitu ... Jadi belum ngena bro ..... Meski gitu rada mantep juga sama lagu "Terbangun Sendiri", nah ini lagu Ciri khas mereka saya pikir ... 

Nah begitulah yah ulasan saya sama Grup Musik yang punya banyak pencapaian ini ... Muga ada grup musik lain yang bisa menginspirasi.... Banyak band yang punya pencapaian juga kaya Nidji gitu kan sama band band indie atau yang jarang muncul di permukaan tapi sukses banyak kan ... Efek Rumah Kaca, White Shoes And The Couples Company terus banyak lah kalian semua yang hapal ... Oke ... Wassalam ...

No comments:

Post a Comment