Pages

12 December 2010

Kemiripan Band Indonesia dengan Luar Negeri

Dengan melihat beberapa perkembangan musik dalam negeri, terlihat beberapa band indonesia yang terinspirasikan oleh band luar negeri. shohieb sendiri mencoba netral, dengan beranggapan bahwa sah-sah saja, apabila sebuah band terinspirasi atau mendapat influence dari band idola mereka masing-masing. Tentu teman - teman semua juga terkadang ingin menjadi seperti band idola, baik itu cara bermusik, penampilan, sampai pada hal-hal kecil lainnya.

Nah, masalahnya sampai dimana batas “infulence” itu sendiri, apakah masih wajar atau malah kata “influence” tadi berubah menjadi PLAGIAT....mungkin disitulah letak masalah band-band indonesia yang tidak bisa memperjelas batas itu hingga akhirnya dicap PLAGIAT.
Berikut ini saya memberikan data dan fakta dari band2 indonesia yang terinspirasi dari band luar berdasarkan pendapat pribadi dari saya (katanya fakta tapi pendapat gimana sih??). Hehe.. piss yah sebelumnya

1. Nidji – Coldplay


Di awal kemunculannya, sangat terasa bahwa musik nidji terinspirasi dari musik brit-pop band asal britania, coldplay. Hal ini terlihat juga dari aksi panggung sang vokalis, giring yang juga terinspirasi dari chris martin, vokalis coldplay (tangan nya itu loh,hehe). Tapi shohieb berpendapat bahwa yang dilakukan nidji masih dalam batas kewajaran dan terbukti nidji bisa jadi salah satu band papan atas Indonesia.

2. Superman Is Dead - GreenDay

shohieb tidak tahu pasti apakah SID memang menjadikan green day sebagai role model utama mereka dalam bermusik, namun yang shohieb rasakan (sebagai penggemar berat Green day) jenis musik yang diusung SID serupa dengan green day, berikut penampilan dan juga sikapnya....Tapi hal ini tidak jadi masalah, karena SID juga bisa berkarya dengan baik dan tidak bisa disebut plagiat. SID sama kerennya dengan green day..hehe . oh iya Tapi menurut saya SID yang sekarang bener bener original dan nyoba kreatif sendiri dan ninggalin gaya green day nya mereka.

3. Sheila On 7 - Oasis

So7 band yang tetep awet dari jaman dulu sampe sekarang ini disebut-sebut mendapat influence dari band asal inggris,oasis. Gitaris eross chandra sendiri sempat mengakui kalau mereka merupakan fans berat dari oasis. shohieb sendiri sempat membaca bahwa beberapa lagu so7 mirip dengan lagu oasis (blum jelas sih soalnya denger denger hehe). Tapi tetap shohieb berpendapat, so7 masih dalam taraf terinsipirasi. Klo menurut anda gimana?

4. The Changcuters – Rolling stones - Ramones
Nah, band The Chancuters memiliki cerita lain. Mereka terinspirasi dari band yang zamannya lumayan berbeda jauh. Mungkin anda dapat merasakan musik rock n roll changcuters sangat bernuansa rolling stones ketika zaman keemasan mereka. Hal lain yang dapat dilihat adalah dari cara mereka berpakaian di panggung dan juga aksi panggung Tria yang ‘sangat’ Mick Jagger. Terus dari segi penampilannya (dulu) keliatan banget klo mereka mirip ama Ramones. Namun, sekali lagi, saya berpendapat bahwa changcuters hanya terinspirasi. Tetep piss dan jangan ngamuk ngamuk di depan computer klo beda pendapat haha

5. Hello – Maroon 5
Band hello masih cukup baru di belantika musik Indonesia, namun ketika pertama mendengarkan, saya langsung berpendapat hello terinspirasi dari maroon 5, band asal amrik. saya berpendapat bahwa hello sedikit berlebihan dalam memasukkan infuence maroon 5 ke dalam musik mereka. Saya sendiri juga bisa berkata seperti itu karena saya sendiri sangat mengikuti lagu-lagu dari maroon 5. Namun untuk disebut sebagai plagiat, biarlah pembaca semua yang menilai haha. Rada frontal yah saya haha :D

6. J-rocks – L’arc n Ciel (Laruku)


  Kasus yang satu ini juga tidak usah diperdebatkan lagi, karena memang j rocks sendiri mengakui bahwa Laruku adalah inspirasi utama mereka dalam bermusik. Fashion dan gaya rambut yang mereka usung juga bisa menjadi bukti. Namun, saya sendiri justru lebih mengikuti j rocks ketimbang laruku..hehe...itu artinya j rocks hebat dan bisa menjadi diri sendiri. Skill mereka juga keren kok .ada pendapat lain?

7. Saint Loco – Linkin Park

Untuk kasus yang satu ini saya berpendapat bahwa unsur influence cukup berlebihan dan cenderung mengarah kepada plagiat (ampyuunn tetep piss yah hehe). Kita tahu semua bahwa musik Linkin park di album 1 & 2 benar2 original, dan semua itu ditiru oleh Saint loco. Mulai dari perpaduan rock-rap, adanya sampling di band, dan lagu-lagu mereka yang kebanyakan pola nya sama seperti lagu LP di album 1&2. Namun, saya juga sedikit kecewa dengan metamorphosis musik dari Linkin Park sendiri, yang menurut TS tidak konsisten di album 3, apalagi di album 4.

8. Netral – Blink 182

 Musik punk yang diusung netral memiliki kesamaan dengan musik blink 182. Malah denger denger beberapa orang menyebut bahwa netral adalah “blink-nya indonesia”. saya berpendapat bahwa netral hanya terinspirasi dan tetap memiliki originalitas sendiri. Kedua band ini juga memiliki drummer yang sangat handal dan mempunyai fan base yang besar diantara penggemarnya. Ya, siapa lagi kalo bukan Eno dan Travis Barker.

9. Koes Plus – The Beatles

Yang ini kasusnya sama-sama band legendaris. Sudah menjadi rahasia umum juga kalo koes plus terinspirasi the beatles yang sedang jaya-jayanya dulu. Bahkan koes plus sempat dilarang oleh presiden kita, Ir. Soekarno yang sangat anti barat. Memang, musik koes plus sangat terinspirasi the beatles, dan kita sangat bisa merasakannya. Namun, tidak bisa dikatakan bahwa koes plus adalah plagiat, mereka murni terinspirasi. buat 2 band legendaris ini.

10. Alone At Last – The Used
 Band indie asal bandung ini menurut saya ada mirip2 nya ama The Used. Dari gaya rambutnya yang bernuansa E-Mo ama gaya sang vokalisnya pun mirip banget. Tapi band indie yang satu ini tetep kreatif dan saya akui skill mereka tidak perlu diragukan lagi 






11. D'massive – Muse

Hehe kalo yang ini saya bener bener miris. Sebenernya Mereka terinspirasi ga dari Cuma Muse aja. Dmasive terinspirasi juga dimulai dari Incubus, Switchfoot dll. Pendapat saya Dmassive ini kayaknya korban label atau industri. Padahal dulunya sewaktu belum dapet label denger denger band D’massive ini adalah band hardcore. Percaya ga? sebenernya kualitas dan skill mereka jago mungkin masih kurang pede ngeluarin ide original nya karena emang dunia pop masih baru buat mereka hehe....





No comments:

Post a Comment