Pages

19 September 2012

Standar Prioritas Software Untuk PC / Laptop



Kembali, shohieb akan hidupkan blog ini :) setelah mendekam sekian lamanya !

Kali ini Shohieb akan membagi referensi tentang "software apa aja sih yang diutamakan untuk PC / Laptop" Setelah driver :)

semoga buat para pengguna yang membeli laptop baru / pc baru ataupun yang baru di install ulang os nya. Semoga bisa bermanfaat !

1. Office
Sebenarnya ada banyak program aplikasi office, seperti Microsoft Office, Libre Office, Open Office, dan lain sebagainya, mereka sama - sama difungsikan untuk mengerjakan pekerjaan rutinitas seperti ngetik, hitung, pendataan, dan sebagainya . . Shohieb merekomendasikan Microsoft Office bagi yang memiliki uang yang cukup. Sebenarnya pengguna MS (Microsoft) Office kebanyakan menggunakan metode koboi (alias colong serial number orang). Secara saya juga gitu sih ! Tapi perlahan shohieb mau beralih ke software yang gratis - gratis saja . . Misalnya Libre Office . . . . Langsung saja ke tempat situs resminya, lha emang gratis ko :) 


2. Antivirus 
Menurut av-test.org  Kaspersky lah yang terbaik, namun karena Kaspersky itu berorientasi bayar :( ya meski pake cara koboi lagi ya, cuman shohieb ga rela :( oleh karena itu shohieb sarankan antivirus yang gratis - gratis saja semisal Rising Antivirus, Bit Defender Free Antivirus, Avira Free Antivirus, Avast Free Antivirus, yang free free aja :) cuman scan virus doang ko mesti repot cari crack ya :) Jangan meremehkan yang free lho :) Oh ya, sekedar ngasih pendapat. Paradigma orang - orang yang mewajibkan memiliki 2 antivirus yang 1 lokal dan yang 1 global adalah tidak sepenuhnya benar :) . Cukup menggunakan 1 antivirus "yang sudah terjamin kualitasnya" asal sering di update itu tidak masalah :) kecuali untuk pelapis bisa juga dengan ditambahi malwarebytes antimalware atau MBAM :)

3. Media Player
Nah untuk pemutar media , so pasti banyak juga yang free. Carilah di Internet misalnya Potplayer, Jet Audio Basic, GOM Player, Splayer, SMPlayer dan masih banyak lagi . Itu untuk pemutar media yang termasuk video berformat apapun :), untuk pemutar musik ada foobar2000, songbird, musicbee, AIMP, dan masih banyak lagi bro :)

4. Browser
Klo browser mah so pasti kebanyakan gratis juga kan ? Hehe ada banyak browser gratis kaya Google Chrome, Firefox, Opera, Safari, Flock, Netscape dan lain - lain :)

5. Arsip dan Kompresi
Nah untuk software kompresi serta arsip, ada banyak loh yang gratis dan ga harus Winzip atau Winrar yang berbayar ! Bisa juga dengan mendownload 7zip, izarc, free rar archiver, masih banyak lagi, penulis belom tahu yang lain tapi penulis pernah pake izarc sama 7zip :)

6. E-book Reader
Nah untuk E-book Reader :) pasti dong ingin yang ga sekedar baca doang ! Pasti ingin bisa di copy sama paste juga XD oleh karena itu Shohieb sarankan menggunakan Foxit Reader

7.  Messenger 
Untuk ini opsional sih, misalnya Y!M untuk berkomunikasi dengan teman lewat jaringan internet :)

8. Virtualisasi
Nah untuk yang satu ini , jika situ merasa penasaran dengan OS lain . Bisa juga pakai virtualisasi sebagai solusinya yaitu dengan software virtualbox, xen dan lain - lain :)

Oh iya, sekedar saran nih ya, sekalian OS nya juga berbau open source aja XD misal kaya linux ubuntu, mandriva, vectorlinux, freeBSD dan OS linux lainnya yang cocok untuk desktop . 

Cukup Sekian postingan dari shohieb ini semoga bermanfaat untuk kalian semua . . . 

No comments:

Post a Comment