Pages

21 September 2012

Catatan Kecil Tentang Media Transmisi



Halooo , , shohieb is back and more active !!

Let's get started :)

Media Transmisi 
1. Tembaga 
2. Optik
3. Wireless / Nirkabel

Komparasi

Dikutip dari pdf nya Universitas Udayana :) Thanks

1. Tembaga
Media transmisi yang dibuat dari bahan tembaga, dikirimkan dalam bentuk sinyal listrik seperti tegangan       dan arus digital 
          a. Coaxial
          b. Unshielded Twisted Pair
          c. Shielded Twisted Pair


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

          a. Coaxial
Umumnya dipakai untuk penghubung antenna dengan TV. Nama konektornya ialah Bayonet Naur Connector. Kabelnya memiliki 2 jenis yaitu RG-58 (10Base2) dan RG-8 (10Base5 ). Sedangkan konektornya ada 3 jenis dengan fungsi berbeda yaitu T konektor, I konektor (socket) dan BNC konektor. Coaxial memiliki keuntungan murah dan jaraknya bisa cukup jauh :) Namun susah saat instalasi, untuk itu jaringan komputer LAN tidak merekomendasikan media transmisi ini :)

         b. Unshielded Twisted Pair dan Shielded Twisted Pair
Perbedaan yang mencolok adalah terdapat semacam pelindung setelah bungkus bagian luar, juga ada semacam pelindung lagi pada masing - masing paangan kabel. Tujuannya adalah selain agar bisa terlindung dari cuaca udara dan pengganggu lainnya, juga agar lebih tahan dari interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dalam maupun dari luar :) Namun STP itu mahal , dan untuk pasarannya yaitu cat5 hanya berjarak 100m dari satu node ke node lain maksimalnya . Meskipun ada cat6 yang mampu menembus 200 m namun ya umumnya cat5 :)  . Baru baca ada cat7 tapi saya belum cukup referensi buat memastikan berapa jaraknya (haha ALIBI)

Cat1 -> digunakan untuk koneksi telepon, dan tidak direkomendasikan sebagai media transmisi jaringan komputer dan hanya berkualitas analog :)
Cat2 -> sama untuk telepon namun yang memiliki sistem PBX, meskipun bertransmisi digital namun bandwidthnya rata2 bisa 1Mbps meskipun maksimal hanya bisa 4 Mbps
Cat3 -> Tidak hanya suara digital.... Namun data digital, dan bandwidth bisa sampe 10Mbps, bisa untuk topologi Token Ring dengan bandwidth 4 Mbps namun sudah jarang digunakan.
Cat4 -> Rata - rata bandwidth 16Mbps, namun maksimal bisa 20Mbps . :) bisa digunakan untuk topologi token ring dengan bandwidth 16 Mbps
Cat5 -> Rata - rata bandwidth bisa sampai 250 Mbps untuk yang bertipe enhanced meskipun rata - rata 100 Mbps untuk cat5 biasa. Jangkauan maksimum bisa 100 m 

2. Optik

Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran yang sangat kecil (skala mikron). Media perantaranya berupa cahaya seperti infra merah atau laser :) Satu kesatuan fibre optik terdiri dari 2 fiber dengan fungsi berbeda. Satu berfungsi untuk Transmit (Tx) dan satunya untuk Receive (Rx). Oleh karena itu dengan transmisi FO bisa berkomunikasi secara bersama - sama (full duplex) :) Ada 3 bagian dalam FO yaitu Core yang merupakan bagian lintasan yang dilewati cahaya, Bagian Selongsong (Cladding), berfungsi untuk merefleksikan cahaya yang akan memantul keluar, balik kembali ke dalam bagian inti, Bagian Buffer/Coating, merupakanpelindung plastik untuk core dan cladding.

Sedang transmisi optik dilakukan dengan 2 cara yaitu singlemode dan multimode. Untuk multimode jadi caranya  suatu informasi (data) dibawa melalui beberapa lintasan cahaya yang dijalarkan melalui serat dari satu ujung ke ujung lainnya. Sedangkan singlemode caranya hanya menggunakansatu lintasan cahaya yang merambat melalui serat. Metode semacam ini dapat menghindarkan ketidakakuratan yang dapat terjadi dalam penyaluran data. Ini aja penjelasannya. Konektor untuk Single mode adalah ST, sedangkan Multimode adalah SC


Dikutip dari Universitas Udayana :)

Kelebihan FO ini adalah Kemampuannya yang baik dalam mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih
besar dalamjarak transmisi yang cukup jauh. Kecepatan transmisi yang tinggi hingga mencapai ukuran gigabits, serta tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah. Keamanan fiber optic yang tinggi, aman dari pengaruh interferensi sinyal radio, motor, maupun kabel-kabel yang berada di sekitarnya, membuat fiber optic lebih banyak digunakan dalam infrastruktur perbankan atau perusahaan yang membutuhkan jaringan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Kelebihan lainnya, fiber optic aman digunakan dalamlingkungan yang mudah terbakar dan panas. Dalam hal ukuran, fiber optic juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan kabel tembaga, sehingga lebih menghemat tempat dalam ruangan network data center di mana pun.

Kekurangan FO ini adalah biaya yang jelas mahal, serta implementasinya tinggi sekali

3. Wireless
Menggunakan media gelombang mikro dan infra merah. Namun demikian untuk kebutuhan LAN di dalam gedung, saat ini sudah dikembangkan teknologi wireless untuk Active Hub (Wireless Access Point) dan Wireless LAN Card (pengganti NIC), sehingga bisa mengurangi semrawutnya kabel transmisi data pada jaringan komputer. Wireless Access Point juga bisa digabungkan (up-link) dengan Active Hub dari jaringan yang sudah ada. Dengan menggunakan gelombang radio berfekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Data-data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik ini.

Sudah jelas Wireless memiliki keuntungan dapat dipergunakan untuk komunikasi data dengan jarak yang jauh sekali. Tergantung LOS (Line of Sight) dan kemampuan perangkat wireless dalam memancarkan gelombang Sangat baik digunakan pada gedung yang sangat sulit menginstall kabel.

Namun untuk kekurangannya media wireless ini Sulit diperoleh Spotnya karena spektrum frekuensi terbatas, Keamanan data yang (katanya) kurang terjamin. Dan intensitas noise yang lebih tinggi daripada menggunakan media kabel dan Transfer data lebih lambat dibandingkan dengan penggunaan kabel (dengan komparasi stabil)


No comments:

Post a Comment