Pages

21 February 2011

LUCID DREAM ! Mengendalikan Diri Sepenuhnya Ketika Bermimpi


Oi oi . berhubung kali ini shohieb waktu itu ngalamin pengalaman yang aneh sewaktu mimpi . Aneh, mimpinya bisa digerakin sesuka hati . setelah nyari2 itu sugesti apa bukan di google . tau itu itu bener adanya. Dan nama istilahnya adalah LUCID DREAM ! Ini bukan khayalan dan ini benar !kalau yang pengen tau lebih jauh tentang LUCID DREAM . Nonton aja FILM "INCEPTION" . Langsung Simak aja ya !




Ngomong - ngomong Pernah ga suatu kali merasa bahwa kamu bisa mengendalikan mimpi? apakah yang teman rasakan? apakah mimpi itu terasa sangat nyata?..Bahkan mungkin kamu bisa mengatur skenario mimpi kamu sendiri dari awal sampai akhir..atau mungkin kamu pernah merasakan hebatnya sensasi pengalaman terbang di alam mimpi,bahkan menghadirkan sesosok manusia lawan jenis yang kamu cintai bahkan dipuja-puja,? (mulai lebee) wkwkwkw

Tenang dulu . itu semua bukan masalah kamu punya kelainan atau punya kekuatan supranatural.. sebernya fenomena diatas semua adalah kejadian normal dan bahkan semua manusia di dunia bisa melakukannya,entah itu secara bakat atau teknik.Nah, disini  shohieb menjelaskan para DREAM BENDER (Penjelajah Mmpi) menyebutnya 'Lucid Dream'



Lucid Dream biasanya muncul ketika seseorang sedang ditengah-tengah mimpi dan tiba-tiba sadar bahwa ia sedang bermimpi,atau bahkan bisa didapatkan dengan teknik-teknik tertentu. keadaan tersebut disebut dengan mimpi yang "lucid"(lucid=jelas) dan bisa masuk kedalam beberapa level of lucidity. pada level yang rendah (pengaruh luciditynya lemah) orang tersebut hanya sedikit sadar bahwa ia sedang bermimpi, tapi belum bisa mendapatkan kendali penuh terhadap mimpinya. pada level yang tinggi (pengaruh luciditynya kuat) orang tersebut sadar sepenuhnya bahwa ia sedang bermimpi, dan bisa sepenuhnya mengontrol segala gerak-geriknya di dalam mimpinya bahkan dapat melakukan apa saja yang dia inginkan.

Kita juga bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa kita lakukan di dunia nyata. Seperti memunculkan benda-benda yang kita inginkan misalnya mobil,motor,rumah,bahkan orang sekalipun!,kita juga bisa terbang, berlari cepat layaknya film Jumper! bahkan berubah menjadi pahlawan super seperti spiderman atau superman.. hahahah  seru banget kan pokoknya!! itu semua benar-benar nyata kamu..bukan rekayasa film atau novel!!..dan semua itu murni Science dan logis.Kamu tertarik? kita bisa melakukan hampir semua hal yg tidak kita mampu lakukan dalam dunia nyata. termasuk menjadi superman dan lain lain,  Dari pendekar sampai jadi Penyihir... pokoknya terserah dah.. sampai hal2 yg melanggar hukum dan normal bebas dilakukan (tapi awas jgn keseringan, serius)

Pengertian Lucid Dream dan Asal Usulnya


 
Apa itu lucid dream ? pengertian berdasarkan kosa katanya adalah,
lucid = jelas/cerah/terang
dream = mimpi
Jadi secara gamblangnya secara kosa kata lucid dream adalah mimpi yang jelas/cerah/terang.  tetapi apa sebenarnya lucid dream itu ? fenomena apakah itu ? dan bagaimana itu bisa terjadi ? coba shohieb analisa disini.
Fenomena lucid dream ini sebenarnya telah banyak disebutkan di masa masa lampau, hanya saja baru beberapa dekade ke belakang ini, komunitas sains mulai mengakui keberadaan fenomena satu ini. Dimulai dari para suku indian (para dukun shaman) mereka menerapkan suatu bentuk meditasi yang mampu untuk mempertahankan kesadaran meskipun tubuh sudah beristirahat.

Kemudian abad ke 5, sebuah surat dari St. Augustine menyebutkan bahwa dia sadar dalam mimpinya. kemudian abad ke 8 lucid dream kembali terekam oleh para biksu tibet, pada buku berjudul 'Tibetan Book of the Dead', dalam buku tersebut, para biksu tibet menerapkan suatu bentuk meditasi yoga yang mampu mengajarkan untuk menjaga kesadaran dalam mimpi.
Awal abad 19 seorang ilmuwan bernama Marquis d'Hervey de Saint-Denys menerbitkan sebuah buku berjudul 'Dreams and How to Guide Them', dimana buku ini berisi mengenai dokumentasi dari kegiatannya meneliti mimpi selama 20 tahun, dan dibuku ini dijelaskan selangkah demi selangkah perkembangan kemampuannya dalam mengontrol mimpi, dimulai dari dream recall, hingga control mimpi.






Kemudian psikolog dan ilmuwan mimpi dari belanda bernama Frederick Van Eeden, merupakan orang pertama yang menggunakan istilah 'Lucid Dream' dan pada tahun 1913, dia menerbitkan jurnal pada komunitas ilmuwan psikolog mengenai lucid dream dimana pada jurnal ini, dia merekam 352 lucid dream yang dialaminya dari tahun 1898 dan 1912. judul jurnal ini adalah 'A Study of Dreams'.

Dan tahun beberapa tahun belakangan ini terdengar sebuah nama 'Dr.Stepehen laberge' dosen stanford yang tertarik dengan dunia lucid dream. berkat hasil penelitiannya dengan dr. Lynn Nagel, komunitas ilmuwan mulai mengakui lucid dream secara sains.

Dari pengantar diatas, sudah jelas bahwa fenomena lucid dream memiliki sejarah yang sangat panjang, dan dari generasi ke generasi selalu terjadi, karena memang lucid dream merupakan suatu fenomena yang terjadi dalam hidup kita entah kita tahu ataupun tidak.


Pengertian umum dari lucid dream adalah, sebuah mimpi dimana dalam mimpi tersebut, pikiran kita sadar dan mampu menyadari bahwa saat itu merupakan sebuah mimpi. Ya pada umumnya pengetian lucid dream sesederhana itu, kita sadar dalam sebuah mimpi.

Konsekuensi dari pikiran yang sadar dalam mimpi itulah yang membedakan antara mimpi biasa dan lucid dream, seperti yang telah shohieb jelaskan sebelumnya, lucid dream jelas membawa konsekuensi tersendiri bagi jalannya sebuah mimpi yang sedang terjadi. konsekuensi yang terjadi adalah, pikiran kita menyadari bahwa lingkungan yang sedang dialami saat itu adalah sebuah mimpi, sehingga logika kita sebagai manusia yang sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari mulai terangsang dan mulai menunjukan fungsinya dengan benar. contohnya begini, kalo dalam mimpi biasa pikiran kita tidak melakukan filter informasi, sehingga kita melihat katakanlah gajah berwarna ungu dalam mimpi. maka, keganjilan seperti ini dianggap sebagai fakta oleh pikiran sehingga mimpi kita tetap berlanjut selayaknya sebuah drama yang berlangsung tanpa memperdulikan logika, contohnya seperti ini :
Adi pergi ke pasar, kemudian di pasar adi bertemu gajah berwarna ungu dipasar dan kemudian adi melihat ada permen berwarna ungu, lalu adi kemudian memakan permen itu, kemudian adi cari tongsampah, lalu adi kepleset masuk tong sampah dan muncul tiba di sebuah mall, di dalam mall adi bertemu teman, dan bla bla bla, ..... mimpi layaknya sebuah blok puzzle yang disusun oleh otak kita dan biasanya tidak beraturan, meskipun masih dalam satu tema.



Nah, dalam kasus lucid dream berbeda, ketika pikiran kita 'terbangun' dalam mimpi, maka konsekuensinya pikiran kita akan bertanya tanya, sebenarnya apa yang terjadi, mengapa ada gajah berwarna ungu, itu tidak logis, di dunia nyata g ada gajah berwarana ungu, nah, pikiran kita mulai menjalankan fungsinya, memilah informasi. dan otak kita mulai bisa menetukan tindakan apa yang bisa diambil dan diputuskan dalam mimpi, mengapa ini bisa terjadi ? karena memang pada dasarnya manusia itu melakukan semua tindakan dan keputusannya itu berdasarkan kesadaran yang dimiliki oleh pikirannya, tanpa adanya kesadaran pikiran, maka sulit bagi manusia untuk bisa menentukan tindakannya. Hal ini ternyata berlaku juga untuk mimpi, dimana jika pikiran kita terbangun dan berfungsi dengan normal di mimpi maka sesuai hukumnya, kita bisa menentukan apa tindakan yang akan kita lakukan dalam mimpi. Itulah menariknya lucid dream.

Seperti yang kita tahu, dalam alam mimpi, pikiran kita merupakan indera kita, sehingga kekuatan pikiran kita mencapai puncaknya dalam alam mimpi, sehingga apapaun yang kita inginkan, jika kita mampu mengarahkan kekuatan pikiran kita pada tujuan kita dalam mimpi, maka akan terwujud goal itu, cuman sisi jeleknya juga ada, semakin kita ragu dalam mimpi maka keraguan itu akan makin kuat, semakin kita takut gagal, maka dalam mimpi goal tersebut kemungkinan besar juga akan gagal. Kekuatan pikiran dan emosi memainkan peranan penting dalam alam mimpi. 

Jadi rangkumannya lucid dream menurut Shohieb adalah sebuah kondisi dimana manusia mampu menjaga kesadaran meskipun tubuh fisik beristirahat. sebenernya, kamu gak perlu bermimpi juga kok untuk mendapatkan lucid dream, mengapa demikian ? karena pada intinya jika manusia mampu menjaga kesadaran hingga menembus batas antara alam sadar dan tidak sadar, maka 'KONDISI' ini bisa tercapai.

 
About Eureup – Eureup / Ketindihan


Disini Shohieb mau menjelaskan tentang ketindihan. Atau dalam bahasa shohieb disebut “Eureup – Eureup” sedangkan nama ilmiahnya ialah Sleep Paralysis (Lumpuh saat tidur). Jadi tindihan itu kalau diliat dari sisi ilmiah sebetulnya bukan karena mahkluk halus bero ! (walaupun shohieb kadang suka berasumsi kalau tindihan itu karena makhluk halus wkwk :D) tapi itu karena buah hasil kerja dari sistem kerja otak kita,), penjelasan sederhananya: waktu kita tidur,, otak kita ngasih sinyal untuk menghentikan saraf2 yang ke otot. semacem dibekuin gitulah. tujuannya biar pas tidur kamu ga terlalu banyak gerak meskipun otak kamu bekerja. (ga lucu juga kan, waktu kamu lagi mimpi lari dikejar-kejar anjing, badan kamu ikut2an lari).. sebagian otot2 kamu lumpuh, itu alasan kenapa kamu ga bisa gerak,,,  sleep paralysis atau eureup-eureup terjadi ketika kita akan bangun tidur atau saat kesadaran kita kembali setelah tidur tapi tubuh belum siap untuk bangun. Jadi seakan-akan tubuh kita menjadi lumpuh. Dan saat itu, biasanya kita akan berhalusinasi tentang seseorang (atau sesuatu) yang jahat, atau manifestasi dari ketakutan kita. Dan menurut shohieb sendiri, mengapa hal itu menjadi semakin menakutkan adalah karena biasanya kita berada dalam situasi tersebut dengan 2 keadaan, yaitu saat mata benar-benar terpejam atau saat kita baru bisa mengendalikan mata tapi belum sepenuhnya.

Hubungan Lucid Dream dengan Sleep Paralysis

Lucid dream tuh bukan artinya roh kamu jalan2 di dunia nyata. lucid dream adalah kondisi mimpi tapi kita sadar dan kontrol mimpi kita, jadi situasi ama tema  mimpinya kamu sendiri yang atur... dengan kata lain, jika kamu ingin suasana malam ya mimpinya ntar situasinya malam.. ingin malam tambah badai ya ntar jadi malam dan badai. kaya virtual gitu. dan kita sadar dalam mimpi... jadi kalo kamu tanya ttg jam dan waktunya.. yach jam ama waktunya itu sendiri malah kamu atur, mo malam ato siang...

Terus sleep paralysis itu semacam proses menuju ke lucid dreams brow !. saat sleep paralysis yang harus dilakukan adalah jangan panik dan berusahalah relex dan tetep sadar... gak lama kok proses ketindihan ini paling sebenarnya itu cuman beberapa detik, cuman kamu berasanya lama.... terus rilex, ntar dengan sendirinya kita akan masuk ke dunia lucid dreams !. nah bagi yg pertama kali ato yg bagi awal2 lucid dreams sih normal2 aja kalo mereka gak bisa lama2 stay awake (sadar) di dunia ini, walau awalnya mereka sadar kalo ini mimpi dan bisa control jalan cerita mimpi, tapi kebanyakan bentar saja akan larut dan masuk ke mimpi normal... Untuk bisa lama didunia lucid dreams hrs sering2 lucid dreams dan berusaha stay awake dgn melakukan banyak interaksi dgn imajinasi kita !

NB: sebenarnya proses ketindihan ini kita alami setiap hari saat tubuh masuk ke dunia mimpi... cuman saat itu kebanyakan kita sudah tidak sadar krn tidur... proses ketindihan ini adalah proses alami, otak mematikan syaraf motorik kita agar kalo kita tidur dan bermimpi, kita tidak sampai bergerak2 seperti apa yg kita mimpikan...

kenapa otak mematikan syaraf motorik saat kita tidur adalah agar kita tidak melakukan gerakan ato sampai tidur berjalan.. pernah denger kasus orang yg punya penyakit tidur berjalan? jugan dihubung2kan ma mstis, krn ada yg bilang oo itu dituntun ma setan dan lain lain...

balik lagi ke masalah ketindihan:
Nah dlm proses ketindihan menuju lucid dreams yg terjadi sebaliknya, kita masih dalam keadaan stay awake menuju tidur, dan otak terlalu cepat mematikan syaraf motorik, akibatnya kita kaget krg gak bisa bergerak, sementara tubuh kita menuju proses dreams, sehingga semua indra terasa peka banget... gejala2nya seakan2 kita mendengar banyak suara, mata kita mengalami rapid eyes movement, bagi kebanyakan ya itu, mata setegah terbuka kita bisa melihat cuman matanya setengah terbuka dan tertutup... dan krn kita panik, napas kita jadi gak terkontrol dan kita merasa sesak napas, dan dr sono kita mulai ketakutan dan menghubung2kan dgn keadaan mistis sehingga kita kebanyakan mengkhayal ada sesuatu yg duduk di dada kita sehingga sesak napas... padahal hal itu semua gak ada.. itu cuman tipuan otak kita krn kita panik...


Mimpi itu sbnrnya juga proses olah intuisi manusia, krn yg digunakan mayoritas otak kanan. Terkadang pd kehidupan kita sehari-hari, kita melihat banyak hal, maupun banyak 'clue' yg tdk kita anggap/hiraukan, tp sbnrnya masuk ke memory kita tanpa sengaja krn sdh kita lihat. Memory ini yg kadang kala diolah scr otomatis oleh otak kanan kita pd saat kita tidur dan keluar sbg mimpi. Itu kadangkala yg membuat seolah mimpi bagaikan mjd ramalan.

Misal kita naksir laki2 / perempuan, sbnrnya klo kita berpikir obyektif mestinya bs melihat dr gerak tubuh, perkataan, raut muka, dan lain lain bahwa cewek itu gak suka dengan kita. Tp berhubung mungkin kita udah nafsu duluan, jadi kita gagal memproses itu semua dengan pikiran terjaga. Pada saat kita tidur & otak kanan aktif itulah, data2 yg sudah kita lihat sebelumnya dan tidak kita hiraukan sblmnya, terangkat semua dan diproses. Jadilah kita mengalami mimpi ditolak cewek, dan besoknya mungkin itu jadi kenyataan (relatif yah ! hehehe), sehingga mimpi kita bagaikan ramalan. Jadi memang gak 100% salah bahwa mimpi itu bisa jadi ramalan masa depan kita, atau bahkan beberapa orang.

Melakukan LUCID DREAM !


Biasanya, kita tak sadar dan tiba-tiba saja sudah terbangun keesokan harinya. Kapan tepatnya kita tertidur? Untuk menjadi seorang Dream Bender, kita harus melatih diri dan berusaha memperhatikan kapan tepatnya kita tertidur. Saat kita berhasil sadar saat menembus membran antara bangun-tidur ini (dikenal dengan istilah hypnagogic state), secara teori kita akan bisa sadar saat tiba di alam mimpi.

Berikut Cara yang dilakukan agar mencapai Lucid Dream !
1.Konsentrasi dan Relaks. Tutup mata dan konsenerasikan pikiran ke relaksasi sekujur tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kontrol pernafasan dan lambatkan.

2.Buka mata pikiran. Maksudnya, coba buat bayangan visual sementara mata kita tertutup.

3.Jaga pikiran agar tetap sadar. Namun intinya adalah membuat tubuh relaks tetapi pikiran terjaga dalam keadaan santai. Kalau pikiran tegang, tubuh tidak akan mau tidur. Cara ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya berhitung, membayangkan diri sedang naik turun tangga, dan lain sebagainya. Fase 2 dan 3 dapat dilakukan sendiri sendiri atau bersamaan.

4.Ini adalah fase utama, perhatikan baik-baik. Kebanyakan orang (termasuk shohieb) sering berhasil tiba di fase ini tapi gagal masuk ke fase selanjutnya. Padahal barrier antara dunia nyata dan dunia mimpi sudah setipis kertas.
Saat kita tiba di hypnagogic state dalam keadaan sadar, kita biasanya akan mengalami sleep paralysis (yang biasa dikenal dengan diduduki jin saat tidur), mendengar suara-suara keras, sulit bernafas, sensasi jatuh atau berputar-putar, dan perasaan melayang ke dimensi lain. Kebanyakan orang akan panik dan terbangun. JANGAN! Tenangkan diri. Tenang saja, belum ada orang mati karena masuk ke alam mimpi. Pertama mungkin akan panik dan terbangun, tapi kalau cukup sering tiba di fase 4 ini, mudah-mudahan rasa panik itu akan hilang.



5.Ini adalah fase setelah kita berhasil tiba di alam mimpi. Kita akan mengalami sensasi seperti berada di ruangan atau terowongan yang gelap gulita. Kadang orang sudah sampai sini, panik, dan terbangun. SHOHIEBNG SEKAL WAKAKAAI!!! Saat kita tiba di sini, dengan berkonsenterasi cukup keras, kita dapat memilih dan menjelajahi mimpi kita sendiri. Dan kita secara resmi berhasil menjadi seorang Oneironaut/Dream Bender alias penjelajah mimpi !!
Tentu saja, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Oleh karena itu, shohieb meneliti cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempermudahnya. Cara-cara tersebut adalah:

1.Dream Journal.

Ini adalah teknik paling dasar dan harus dilakukan terus menerus. Sediakan pensil dan kertas di sebelah kasur kita, dan setiap kita bangun tidur, langsung catat apapun yang teringat dari mimpi kita. Banyak orang sulit mengingat mimpi, cara ini akan membiasakan otak untuk mengingat mimpi. Dream Journal juga akan membantu memperjelas Lucid Dream.



2.Makan Pisang dan Kaffein

Serius. Pisang mengandung banyak Tryptophan dan Vitamin B6 per gramnya. Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak. Beberapa bahan makanan lain mengandung Serotonin cukup banyak, misalnya tomat dan kacang. Tapi serotonin sulit diserap oleh otak, karena terhalang oleh blood-brain barrier yang melingkupi otak. Coba makan banyak pisang tiap hari, terutama setelah makan malam. Kalau enggak mau makan pisang kamu bisa beli di apotek (niat banget).



3.Wake-Back-to-Bed (WBTB)

Ini adalah teknik untuk berusaha langsung masuk ke fase REM (Rapid Eye Movement), yaitu fase tidur saat terjadinya mimpi. Tidurlah dalam keadaan lelah, kemudian bangun 4-5 jam kemudian. Dalam keadaan mengantuk, relax namun tetap berkonsentrasi Untuk orang yang kesulitan sadar sampai hypnagogic state, bisa juga dengan memasang jam weker/minta orang bangunkan 1/2 jam-1 jam setelah kita mulai berusaha tidur. Biasanya kita mulai kehilangan kesadaran pada waktu itu. Tapi jangan bangun! tetap dalam kondisi setengah tidur, coba lagi teknik itu dan berusaha sadar menembus hypnagogic state sekali lagi.

Yang dirasakan ketika LUCID DREAM 

Disini shohieb akan menelaah yang dirasakan oleh indra kita selama LUCID DREAM

Penglihatan(Visual)
Kita bisa melihat visual hitam putih, warna klasik sampai berwarna seperti real atau malah over exposure color. berbeda dengan mimpi biasa kita selalu dapet mimpi yg kurang berwarna, blur atau hitam putih aja... Dalam LD Kita bisa melihat cahaya yang sangat terang maupun gelap gulita... Kita bisa melihat visual yang sangat nyata dan detail, sampai gambar kartun. Kadang2 kita juga melihat pemandangan yang glowing. Dan jangan heran, jika latar dari mimpi kita bisa juga berupa pemandangan abstract dan latar luar angkasa.



Pendengaran(Suara)
Kita bisa mendengarkan suara suara orang berbicara dengan jelas, suara burung berkicau sampai suara bom meledak. Kemampuan tersebut memungkinkan kita berkomunikasi dengan jelas, dengan karakter lain yang didalam mimpi kita. Suara tidak jelas terkadang sering terdengar ketika menuju proses Lucid Dream, yaitu dalam transisi ketika antara terjaga dan bermimpi (sleep paralysis). Dari suara yang mengganggu, sesuatu yang pecah,orang berbisik, teriakan, tangisan atau suara orang berbicara dalam bahasa asing. Kebanyakan orang akan merasa ketakutan mendengar suara2 tersebut karena memang seram. Namun suara tersebut diatas akan hilang begitu kita udah masuk fase lebih lanjut.

Penciuman / Pengecapan.
Penciuman:
iya kita bisa mencium wangi2an, bau durian, wangi bunga.. atau wangi seseorang yg kita temui dalam mimpi.. malah terkadang lebih tajam indra penciuman kita dibanding dengan real
Tapi secara pribadi shohieb tidak pernah merasakan pedas,asam, pahit.. yang ada yah yang enak2 aja.. atau paling parah yah merasakan "Hambar" saja.

Peraba.
Kita bisa merasakan kasarnya tektur batu, pasir kita sebaliknya sangat jarang bisa merasakan kesakitan atau kepanasan dalam mimpi, kalau ada pun itu terjadi itu masih dalam tahap sangat ringan. 

contohnya dalam LD, kita mimpi mencoba mencubit tangan sendiri yang kerasa adalah sentuhan jari ketangan kita.. tapi tidak merasakan sakit. atau mimpi tertembak oleh pistol, ditusuk samurai sampai berdarah2, yang kerasa adalah sesak napasnya tekanan didaerah tubuh yg terkena.. tapi sakitnya sama sekali tidak terasa. Malah setelah itu, kita sembuh dan sehat lagi (jadi ingat Claire-nya serial HEROES hehehe)






Diluar kelima indra Manusia.
Emosi.
Nah yang ini nih, kalau dalam mimpi biasa kita senang bisa senang sekali, marah bisa marah sekali, terharu atau sedih bisa sampe menangis tersedu.. kadang terbawa sampe terbangun..(dikarenakan over acting) Sebaliknya didalam LD, emosi kita malah sangat stabil dan netral..
Jadi buat teman2 badzsectoralz yg ingin melatih emosinya biar lebih stabil, sering2 lah Lucid Dream.

Takut
Takut karena menghadapi mimpi buruk, takut ketinggian, Biasanya ketakutan itu sering timbul karena kita belum sepenuh sadar dalam lucid dream. Oh iya, Lucid dream juga bisa membantu kita menanggulangi mimpi buruk. Misalnya kita mimpi ketemu hantu karena kita sadar klo lagi mimpi, kita hajar aja itu hantu, selesai. Tinggal lanjutin kemimpi yang lain yang lebih indah.

Hal yang mengganggu bahkan membatalkan LUCID DREAM


Mimpinya mulai pudar atau kehilangan lucidity.
ada saatnya mimpi kita menjadi pudar, dan kelamaan kita bisa terbangun atau masuk dalam mimpi biasa. Ada beberapa teknik untuk membuat mimpi kembali nyata salah satunya, begitu kita merasa mimpi jadi pudar secepatnya luruskan tangan dan putar badan (badan dalam mimpi). ngak perduli mau putar gaya balet ato gaya batu yg penting badan berputar aja, sambil berputar niatkan kembali untuk kembali bermimpi. Ini berdasarkan pengalaman pribadi shohieb hihihi

False Awakening
 Sering kali kita bisa tertipu oleh "false awakening", kita merasa wah shohieb udah kembali ditempat tidur, badan shohieb sekarang lagi diatas kasur, shohieb udah terbangun, ahhh ternyata teknik berputar shohieb gagal... yang sebenarnya kita masih bermimpi. jika itu terjadi, akhirnya kita malah masuk mimpi normal karena percaya sama tipuan tadi.  Biasakan Reality check, lihat jari tangan kita, bertambah atau berkurang? , lihat jam waktunya berputar dengan normal tidak.. atau coba cubit pipi kita sakit apa nggak..

"Semakin kita berpengalaman dengan Lucid dream, semakin besar kemungkinan kita diganggu sama "False awakening" daripada kehilangan lucidity"

Gangguan fisik.
Misalnya, alarm HP, Dibangunin orang rumah, digigit serangga, kena tetes air hujan.. atap rumah pada bocor wkwkwk
Special thanks ! Google. Google translate .. Stay tune at Badzsectoralz.blogspot.com !



No comments:

Post a Comment